Selasa, 30 September 2014

Kegiatan Bank Sampah

Bank Sampah? mungkin tidak banyak kalangan masyarakat yang familiar dengan nama Bank Sampah, karena kegiatan ini hanya sebagian masyarakat yang melakukan dan kurangnya informasi tentang Bank Sampah. Saat ini saya akan menjelaskan Apa itu Bank Sampah..


Bank Sampah adalah tempat dimana kita mengumpulkan sampah organic ataupun un organic yang sudah di kelompokkan dan sudah dipisahkan dari sampah yang tidak bisa didaur ulang agar dapat ditukarkan dengan uang.Contoh sampah unorganic itu seperti, botol minum bekas, plastik pembungkus makanan, karton, kertas, buku bekas, botol sirup dan untuk organic seperti sisa makanan, sisa cairan (semua yang dapat hancur didalam tanah).
Tujuan diadakannya Bank Sampah ini agar masyarakat lebih perhatian dengan lingkungan lebih tepatnya pada sampah. Dengan kegiatan ini pun kita dapat membatu pemerintah dalam menjaga kebersihan.

Kegiatan ini sudah berlangsung dari tahun 2013 lalu, awalnya mengadakan pengumpulan sampah ini agar uang hasil penjualan sampah ini dapat digunakan dalam kegiatan RT namun lama kelamaan makin banyak masyarakat yang mulai tertarik karena melihat hasil yang lumayan. Mulai dari situ dibuka lah Bank Sampah dimana setiap orang akan mempunyai tabungannya tersendiri hasil dari penyetoran sampah mereka.

Kegiatan ini berlangsung setiap hari selasa di daerah Pondok Mandala 1 Cimanggis Tugu.

Pencetus Bank sampah ini adalah mama saya sendiri yang bernama "Novarita" . Mama saya adalah orang yang cinta dengan kebersihan dan tidak suka melihat sampah yang dibuang secara cuma-cuma padahal dapat menghasilkan uang.

Cara memilah sampah yang benar adalah

1. mengelompokkan sesuai jenisnya masing masing, contoh plastik sendiri, botol plastik sendiri
2. dibersihkan agar nilai harganya lebih mahal, contoh gelas plastik dibuang airnya lalu dibersihkan atasnya.
3. untuk sampah organic dikumpulkan dalam 1 ember





Sekian informasi dari saya semoga bermanfaat.. ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar