Senin, 21 Oktober 2013

Individu dan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan

1.       Pengertian individu
Individu berasal dari kata yunani yaitu “individium” yang artinya “tidak terbagi”.dalam ilmu sosial paham individu, menyangkut tabiat dengankehidupan dan jiwa yang majemuk memegang peranan dalam pergaulan hidup manusia. Individu merupakan kesatuan yang terbatas yaitu sebagai manusia perseorangan bukan sebagai media keseluruhan, maka dapat disimpulkan bahwa individu adalah manusia yang memiliki perasaan khas atau spesifik dalam kepribadiannya.
Terdapat 3 aspek dalam individu, yaitu :
·         Aspek organik jasmaniah
·         Aspek psikis rohaniah
·         Aspek sosial
Dimana aspek tersebut saling berhubungan dan apabila salah satu rusak maka akan merusak aspek lainnya. Apabila pola tingkah lakunya hampir identik dengan tingkah laku massa yang bersangkutan. Proses yang meningkatkan ciri-ciri individualitas pada seseorang sampe pada dirinya sendiri, disebut proses individualisasi atau aktualisasi diri. Dalam proses ini maka individu terbebani berbagai peranan yang berasal dari kondisi kebersamaan hidup, yang akhirnya muncul suatu kelompok yang akan menentukan kemantapan satu masyarakat.

 2. Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan
·         Faktor dalam ( internal )
Gen adalah substansi atau materi pembawa sifat yang diturunkan dari induk. Gen mempengarui ciri dan sifat makhluk hidup seperti : bentuk tubuh, tinggi tubuh, warna kulit dan lain-lain. Gen juga menentukan kemampuan metabolisme makhluk hidup. Sehingga mempengruhi pertumbhan dan perkembangannya. Apabila memiliki gen yang baik akan tumbuh dan berkembang dengan cepat sesuai periode pertumbuhan. Meskipun peranan gen sangat pebting, faktor genetis bukan satu-satunya faktor yang menentukan pola pertumbuhan dan perkembangan, karena juga dipengaruhi faktor lain, seperti sifat unggul.

 Hormon juga berfungsi untuk mengendalikan berbagai fungsi di dalam tubuh. Meskipun kadarnya sedikit, hormon memberikan pengaruh yang nyata dalam pengaturan berbagai proses dalam tubuh.

·         Faktor luar ( eksternal )
Makan atau nutrisi bergizi adalah sumber energi dalam proses metabolisme tubuh

Lingkungan sangat mempengaruhi pertumbuhan makhluk hidup, seperti faktor lingkungan fisik antara lain : suhu udara, cahaya, dan kelembapan,

3.      Contoh kasus :
Jumlah remaja yang meninggal akibat kecanduan narkoba tiap tahun kini kian meningkat. Umumnya pemakai narkoba adalah anak di bawah usia 18 tahun atau remaja yang pada umumnya adalah penerus bangsa ini. Bahkan, 3 dari 10 anak di negri ini terlibat penggunann narkoba sekaligus terlibat produksi dan distribusinya. Dapat dibayangkan bila banyak remaja kita mengkonsumsi dan mendistribusikan “narkoba”, bagaimana nasib negara ini?
Berdasarkan data dari Badan Narkotika Narkoba ( BNN ), dari 4 juta pemakai semua berpotensi menjadi pecandu. Menyedihkannya, justru itu semua berawal dari susahnya penyuluhan pada orang tua. Maka dari itu saya akan menjelaskan apa saja penyebab anak bisa menggunakan narkoba dan bagaimana cara menangani anak yang sudah terkena narkoba.
Penyebab anak dibawah umur menggunakan narkoba :
·         Ajakan, bujukan teman atau anggota kelompok sebaya
·         Cenderung memiliki gangguan jiwa seperti kecemasan, obsesi, apatis, menarik diri dalam pergaulan, depresi, kurang mampu menghadapi stres atau hiperaktif
·         Suka berpetualang, mencari sensasi, melakukan hal-hal yang mengandung resiko bahaya yang berlebihan
·         Ketidaktahuan akan bahaya narkoba
·         Orang tua tidak acuh dan tidak melakukan pengawasan
·         Tidak adanya perhatian dari keluarga dan tidak mendapatkan kasih sayang
·         Jauh dari tuhan

Cara menangani anak yang sudah terkena narkoba :
·         Dekati dengan perlahan, bicara dari hati ke hati, terutama orang tua kepada anaknya
·         Ajak dia agar mendekatkan diri pada tuhannya
·         Beri perhatian lebih

4.      Tanggapan saya tentang kasus ini adalah kesalahan anak menggunakan narkoba tidak jauhlah dari orang tuanya yang mungkin terlalu sibuk dengan pekerjaannya sehingga perhatian pada anaknya berkurang yang menyebabkan anaknya berlari ke jalur narkoba. Dengan begitu, saya akan menjelaskan cara yang harus dilakukan orang tua agar anak terbebas dari narkoba :
·         Ikut terlibat dalam kegiatan anaknya
·         Belajar untuk saling berkomunikasi
·         Memberi contoh yang baik pada anaknya
·         Buat aturan yang tegas dan jelas
·         Mengembangkan nilai-nilai agama di rumah


 Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar